Rangkuman BAB 1 informatika kls 8

 Rangkuman BAB 1 Informatika 



A. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

arti dari rumusan profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat 3 Bab 1 Informatika dan Pembelajarannya yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”

Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi global, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, yaitu: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis; dan Kreatif.

Melalui mata pelajaran Informatika, kalian juga akan belajar juga menumbuhkan karakter-karakter tersebut, sebagai warga dunia nyata dan sebagai warga dunia maya.

B. Cara Belajar Informatika

1. Materi tentang Konsep Informatika

menyimak dan mempelajari tentang materi atau  media lain dan belajar mandiri

2. Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata

Sebuah kasus hanya mewakili satu kejadian dalam banyak kejadian yang sejenis. Misalnya, pengolahan data pariwisata, hanya mewakili salah satu dari banyak sekali jenis pengolahan data di dunia.

3. Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab

 Lakukan aktivitas yang dirancang langkah demi langkah secara saksama dan tidak terburu-buru 

4. Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman

Setelah mempelajari materi-materi yang diberikan, hendaknya kalian melakukan pengendapan materi dan melakukan koneksi dengan materi yang pernah dipelajari bahkan bukan hanya materi pelajaran Informatika

5. Pentingnya Minat dan Motivasi

Belajar itu menyenangkan jika kalian berminat terhadap apa yang dipelajari. Informatika perlu dipelajari oleh semua orang karena saat ini hampir semua orang membutuhkan berinteraksi lewat perangkat TIK.

LINK YOUTUBE PRESENTASI CANVA

LANJUT BAB 2

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bab 5: Jaringan Komputer dan Internet